LKNU menggandeng Dunia Pendidikan Menggelar Kegiatan Seminar dan Pelatihan Tenaga Penyuluh Kesehatan ~ LKNU LAMPUNG
  • RSS
  • Facebook
  • Twitter
>>> Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email: lknulampung@gmail.com >>>Simak juga berbagai info kami melalui twitter. Silakan follow @LKNULampung

Senin, 17 Februari 2014

LKNU menggandeng Dunia Pendidikan Menggelar Kegiatan Seminar dan Pelatihan Tenaga Penyuluh Kesehatan

Posted by SYIFA'UL UMMAH LKNU On 21.32 No comments

Petugas kesehatan adalah pejuang kemanusiaan yang dengan bangga dan tulus-ikhlas mengabdikan ilmu pengetahuan dan keterampilannya bagi kesejahteraan sesama - dengan memberikan Pelayanan dan informasi kesehatan yang terbaik kepada masyarakat. Dengan Rendahnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat terhadap HIV dan AIDS menjadikan mereka rentan terpapar penyakit ini.

Dalam upaya penanggulangan HIV dan AIDS di Indonesia khususnya Bandar lampung yang diperkuat melalui program penanggulangan HIV/AIDS. Bertujuan untuk mengurangi tingkat penyakit dan kematian yang berhubungan dengan HIV di Indonesia khususnya provinsi Lampung serta memperkuat sistem kesehatan komunitas untuk perbaikan kinerja dan penguatan pemahaman dini pada kelompok usia produktif. Mobilisasi masyarakat dalam program HIV dan AIDS merupakan kegiatan yang sistematis dan terukur, sehingga memerlukan keahlian khusus yang bisa didapatkan melalui pelatihan khusus dan pengalaman lapangan. Sehingga untuk meningkatkan pemahaman masyarakat diperlukan peningkatan ketrampilan dalam menyampaikan informasi yang akurat, terutama mereka yang belum pernah mendapatkan pelatihan.

Peran dan keterlibatan berbagai pihak saat ini sedang di tunggu oleh masyarakat dalam ikut serta dalam program penanggulangan HIV/AIDS. Terutama dalam penghapusan stigma dan diskriminasi terhadap ODHA serta promosi pencegahan HIV aids. Namun demikian saat ini kader tenaga penyuluh belum maksimal dalam melakukan hal tersebut, karena belum memiliki pengetahuan dan skill yang memadai untuk terlibat aktif dalam setiap kegiatan kesehatan. Untuk menjawab kebutuhan tersebut maka kami telah mengadakan, ‘Seminar dan Workshop Penanggulangan HIV/AIDS yang dikemas dalam Mobilisasi Komunitas dan Pelatihan Tenaga Penyuluh Kesehatan”, dengan Tema: “Mari Sonsong Masa Depan dengan Trubuh dan Jiwa yang Sehat tanpa AIDS”. 15 – 16 Februari 2014 bertepatan di Aula Gedung F Lantai 3 Universitas Bandar Lampung Pukul. 07.30 s/d 16.30 wib Melalui pelatihan ini di harapkan peserta memiliki kesadaran yang sama terhadap betapa pentingnya perubahan perilaku yang positif. Sehingga tujuan nasional penanggulangan HIV dan AIDS dapat tercapai.

Selain seminar dan Workshop kegiatan ini sekaligus meresmikan Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama Propinsi Lampung sebagai salah satu media masyarakat untuk memperoleh berbagai informasi kesehatan. Dalam kegiatan ini pula diselenggarakan pelatihan Tenaga Penyuluh kesehatan yang berjumlah 50 orang mahasiswa perwakilan dari seluruh universitas dan perguruan tinggi di Lampung. Menurut Ketua LKNU Lampung, Erlina, tindak lanjut dari pelatihan ini adalah peserta akan diterjunkan ke lapangan untuk melakukan sosialisasi kesehatan dimasyarakat. Turut Pula Hadir Walikota Bandar Lampung Bapak Drs. H. Herman HN, MM yang sekaligus membuka acara ini. Dalam Sambutannya Bapak Herman HN berpesan agar para remaja baik pelajar dan mahasiwa jangan sampai diracuni oleh narkoba karna narkoba membunuh masadepan kita serta jangan sampai terlibat dalam pergaulan bebas dan sex bebas yang mengakibatkan terinfeksi penyakit seperti HIV. Beliau Menambahkan Modal utama dalam membentengi diri dari pikiran dan perbuatan buruk adalah iman taqwa. Dalam kegiatan ini pula dihadiri oleh Ketua PWNU Lampung, KH. RM. Soleh Bajuri, SHI., MHI., Wakil Rektor UBL Bidang Akademik, Prof. Dr. Khomsahrial Romli, M.Si., Pengelola Program HIV/AIDS Dinas Kesehatan Propinsi Lampung yang sekaligus sebagai Narasumber seminar., Koordinator Program Penanngulangan HIV/AIDS NU Wilayah Lampung, Muhammad Asyihin, S. Pd dan ratusan peserta yang terdiri dari mahasiswa dan pelajar dari SMA/SMK/Sederajat di Kota Bandar Lampung. [451/lpg]

0 komentar:

Posting Komentar